Senin, 21 November 2011

Menag:Transportasi dan Makanan Masih Jadi Kendala Penyelenggaraan Haji

Menteri Agama, Suryadharma Ali mengakui bahwa dalam penyelenggaran haji tahun 2011 masih ada kekurangan. Yaitu di bidang transportasi dan juga makanan akibat kejadian diare yang menimpa satu maktab jamaah Indonesia di Arab Saudi.

”Setiap penyelenggaraan haji pasti ada kekurangannya,” kata Surya usai menghadiri pembukaan World Delta Summit di Jakarta, Senin (21/11).

Untuk masalah transportasi dan makanan memang terkendala dan yang mengurus adalah pihak Pemerintah Arab Saudi. Namun, Surya mengingatkan kemacetan dan antrean kendaraan yang terjadi di Arab Saudi wajar terjadi karena jumlah kendaraan yang sangat banyak. Sehingga hal teknis seperti ini tidak bisa dihindari.

Surya mencontohkan jarak dari Arafah ke Mina hanya 7-8 kilometer. Jika ada tiga juta jamaah haji menggunakan bus dalam satu waktu yang mengarah ke Mina, maka bisa dibayangkan akan terjadi antrean kendaraan melebihi tujuh kilometer. Kondisi ini yang harus disadari oleh jamaah haji. Di sisi lain, Pemerintah Arab Saudi juga sudah memperketat penggunaan mobil kecil selama musim haji berlangsung.

Untuk kuota haji di 2012 mendatang, Surya mengatakan akan diasumsikan tetap sebanyak 211.000 orang. Dengan 197 ribu jamaah reguler dan 17 ribu jamaah non reguler. ”Melihat daftar tunggu calon jamaah haji Indonesia yang semakin lama. Kita sudah berusaha meminta tambahan kuota untuk tahun 2012,” tutur dia.

Tapi Pemerintah Arab Saudi tidak mau menambah jumlah kuota untuk Indonesia. Karena kapasitas untuk menampung jamaah haji di Arab Saudi sudah optimal dan ada batasannya. Keterbatasan itu meliputi di Padang Arafah maupun di Mina.

Dijelaskan bahwa Pemerintah Arab Saudi sudah memperluas wilayah Mina dengan sebutan Mina Jadid. Namun, lokasi itu jauh dari lokas menerima jumrah. Ke depan Pemerintah Arab Saudi juga akan memperluas lokasi pemondokan haji. Surya mengatakan sebanyak 1.700 bangunan di sekitar masjidil haram akan dihancurkan untuk menambah jumlah pemondokan.

http://www.jurnalhaji.com/2011/11/21/menagtransportasi-dan-makanan-masih-jadi-kendala-penyelenggaraan-haji/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar