Senin, 14 November 2011

Oleh-oleh Haji


Salah satu yang memberatkan para jamaah haji setelah menyelesaikan berbagai rangkaian ibadah haji adalah oleh-oleh yang mesti disiapkan. Memang hal ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita bahwa sepulang dari tanah suci mesti memberikan buah tangan (oleh-oleh) untuk sanak saudara, tetangga dan juga relasi lainnya.

Untuk menyelesaikan masalah ini, sebenarnya ada pilihan untuk menyiapkan oleh-oleh yang dibeli dari Indonesia. Kita bisa belanja langsung ke Tanah Abang atau via toko on line. Begitu pula kios-kios yang khusus menyediakan oleh-oleh khas haji juga sudah mulai banyak berdiri.

Pilihan oleh-oleh haji bisa berwujud makanan seperti kurma, kacang Arab dan kismis. Bahkan air zam-zam pun tersedia di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Oleh-oleh yang lebih awet bisa berwujud barang seperti tasbih, sajadah atau sorban. Mana yang akan kita siapkan? tentu sesuai keinginan kita masing-masing.

Jadi kenapa harus dipusingkan berbelanja di tanah suci? Bukankah di tanah suci hendaknya diisi dengan ibadah dan berbagai amal kebaikan? Mudah2an kita bisa mengubah cara berpikir kita. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar